Toko Daud, Pusat Oleh-Oleh Khas Cirebon

oleh-oleh khas cirebon

Saat mengunjungi sebuah kota, entah untuk urusan pekerjaan atau berwisata, salah satu yang dicari dari kota tersebut adalah oleh-oleh. Demikian pula saat saya ke Cirebon, selain mencoba beberapa kuliner Cirebon, saya pun mencari oleh-oleh khas Cirebon yang bisa dibawa pulang.

Oleh-Oleh Khas Cirebon

Ada banyak makanan maupun cinderamata yang bisa dibawa pulang saat Anda mengunjungi Cirebon. Posisinya yang dekat pantai utara, membuat Cirebon memiliki aneka produk olahan hasil laut. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon.

1. Kerupuk Udang dan Ikan

Terkenal sebagai kota udang, karena Cirebon memang penghasil udang. Ada banyak tambak udang di beberapa daerah di Cirebon. Hasil udang tersebut ada yang diolah menjadi kerupuk.

Kerupuk udang berbentuk seperti roti tawar, namun lebih kecil dan lebih tipis. Cocok untuk jadi camilan maupun lauk makan, terutama bagi Anda yang punya prinsip “tak lengkap makan jika tanpa kerupuk”.

Anda bisa membeli kerupuk udang mentah maupun yang sudah digoreng. Jika untuk oleh-oleh, sebaiknya beli yang masih mentah saja. Kerupuk udang mentah ini ada yang bisa dibeli kiloan, ada juga yang sudah dikemas dalam ukuran 250 gram.

kerupuk udang oleh-oleh khas cirebon
Aneka kerupuk berbahan hasil laut

Selain kerupuk udang, ada juga kerupuk ikan. Jika kerupuk udang berwarna kuning kemerahan, persis seperti warna udang matang, maka kerupuk ikan berwarna putih.

Rasa gurih dari udang/ikan mendominasi rasa kerupuk ini.

2. Tape Ketan

Jika tak suka dengan kerupuk, mungkin Anda bisa mencoba untuk membeli tape ketan. Keunikan  tape  ketan Cirebon adalah menggunakan daun jambu sebagai pembungkusnya. Sehingga ketan memiliki rasa dan aroma yang khas lagi nikmat.

Rasa tape ini saat matang pun sangat manis, seperti madu, dengan sedikit rasa asam yang menggugah selera. Ada beberapa pilihan kemasan yang bisa Anda beli yaitu kemasan plastik atau ember.

tape ketan cirebon

Saat membeli tape, sebaiknya tanyakan pada penjualnya kapan perkiraan tape matang. Supaya saat Anda pulang dan sampai di rumah, pas tapenya sudah matang. Jangan sampai masih mentah atau bahkan terlalu matang. Biasanya di kemasan tapi sudah ada keterangan kapan tape di buat, dan kapan matangnya. Namun tak ada salahnya melakukan konformasi dengan penjualnya.

3. Batik Mega Mendung

Cirebon memiliki batik dengan corak yang khas, yaitu mega mendung. Selain motif mega mendung masih banyak motif lain seperti motif batik kasepuhan dan kanoman. Semuanya memiliki ciri khas warna yang cerah seperti halnya batik daerah pesisir.

Anda bisa membeli batik mega mendung di daerah Trusmi yang merupakan sentra batik tulis di Cirebon. Harganya bervariasi, mulai dari 60 ribu hingga jutaan rupiah per meter, tergantung bahan dan motifnya.

Sepanjang jalan berderet kios yang menjual batik, tidak hanya batik tulis tapi juga batik cap. Ada yang tokonya besar dengan tempat parkir luas, ada pula yang kecil. Ada yang menjual kain, ada yang sudah dijahit menjadi baju pria maupun wanita, baju anak-anak pun ada.

4. Ikan Asin

Penggemar ikan asin mana suaranya?

Di Cirebon, Anda bisa membeli ikan asin sebagai oleh-oleh bagi kerabat. Ada banyak jenis ikan asin bisa Anda temukan. Ikan asin jambal roti, ikan asin tipis kering berbagai ukuran tersedia.

Disebut sebagai jambal roti karena bentuk potongan ikan asin ini kotak seperti roti. Ditambah lagi daging ikan yang tebal dan berwarna putih semakin membuatnya terlihat persis roti.

Ikan asinnya ada yang masih mentah, ada juga yang sudah di goreng. Yang di goreng ada pilihan original, ada juga yang diberi bumbu pedas. Tinggal pilih saja sesuai selera.

5. Sirup Tjampolay

Sirup Tjampolay sudah ada sejak tahun 1936 dan jadi pilihan banyak orang mulai dari pedagang kaki lima hingga hotel.

sirup Tjampolay

Biasanya sirup Tjampolay menjadi campuran berbagai dessert atau es segar. Manis dari sirup ini pas dan tidak terlalu kental sehingga tidak menusuk di mulut.

Belanja Oleh-Oleh di Toko Daud

Salah satu pusat oleh-oleh khas Cirebon adalah toko Daud yang berada di Jalan Ir.H Juanda nomor 9 -11 desa Dawuan, kecamatan Tengah Tani kabupaten Cirebon.

Toko Daud merupakan bangunan 2 lantai yang menyediakan aneka oleh-oleh khas Cirebon. Mulai dari kerupuk ikan dan udang berbagai ukuran baik yang masih mentah maupun yang sudah matang. Ada juga abon ikan, ayam maupun sapi.

Anda mencari tape ketan atau sirup juga ada. Aneka macam ikan asin, aneka keripik buah dan ada juga rambak (kerupuk kulit kerbau/sapi). Ada dodol aneka rasa, manisan buah. Bahkan ada juga mangga lho kalau Anda berkunjung ke cirebon pas musim mangga.

Baju batik berbagai model dan ukuran juga ada. Sandal bermotif batik mega mendung juga tersedia. Aneka souvenir seperti gelang dan kalung unik juga ada.

Cukup datang di di satu toko, Anda bisa memperoleh aneka macam oleh-oleh khas Cirebon. Barang yang dibeli bisa dikemas dalam kardus maupun kantong plastik. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai maupun non tunai.

11 Comments

  1. Hendra Suhendra

    Saya asli dari Kuningan, tetangga dengan Cirebon. Saya juga suka banget tape ketan khas yang manis dan lezat. Terasi Cirebon juga enak tuh buat nyambel… Nice post. Jadi tau beli oleh-oleh khas Cirebon di Toko Daud

  2. Aku juga punya sodara di Cirebon mbak. Tapi, gak tau ada toko oleh-oleh segede ini karena emang aku jarang kesana, hehe.
    Boleh nih nanti kalau ketemu minta di jastip sama sodara, hehe.
    Lengkap banget ya kalau mau cari oleh-oleh udah gak usah mencar-mencar, semua ada dalam satu toko.

    Packagingnya unik² ya, aku kaget loh ada tape didalam ember, haha. Gimana ngabisinnya yaa, beneran harus dibagi sih namanya juga oleh-oleh 😁

    Mangganya juga menggoda banget. Warnanya bagus. Aduh jadi ngiler 🤤

  3. Wah banyak juga ya biasanya dulu kalau mertua pulang dari cirebon bawanya terasi udang 😁

  4. Kapan tahun ya ke Cirebon pergi liputan. Lupaaaaaa, dah lama banget. Kangen ke sana lagi dan makan kuliner lokal yang semuanya enak-enak. Gak ada yang gak enak. Beli oleh-oleh di Pusat Oleh-oleh DAUD.

  5. Rizky Kurnia Rahman

    Lengkap betul memang oleh-oleh khas Cirebon, dan semuanya bisa mendatangkan kenangan manis saat berkunjung ke kota itu. Mungkin makanan lain semacam tape ketan ada di daerah lain, tapi untuk yang di Cirebon, punya ciri khas yang bikin kangen untuk datang lagi ke kota itu.

  6. Saya penasaran dengan Sirup Tjampolay yang udah old banget usianya tetapi masih tetap jadi primadona, ya, Kak. Oh, ya, syukur juga udah ada sentra oleh-oleh yang udah mencakup semua oleh-oleh khas Cirebon. Buat yang mampir ke Cirebon, pas banget mampir ke Toko Daud.

  7. Kebetulan adik saya mudik ke Cirebon, ke kampung suaminya, boleh deh nitip sirup Tjampolay, bisa buat campuran dessert dan camilan lainnya ya. Trus br tau jg kl Mega Mendung itu motif batik dari Cirebon ya. Selama ini taunya salah satu kecamatan di Bogor.

  8. Lengkap ya kak, pengen cobain tape ketan yang dibungkus pakai daun jambu, biasanya cicip yang pembungkusnya dari daun pisang.

  9. Aku belum pernah ke Cirebon, semoga suatu saat bisa ke sana, dan kalau mau beli oleh-oleh bisa di Pusat Oleh-oleh DAUD ya. Wah, tokonya lengkap ya, makasih rekomendasinya Mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *