Soto Bening Seger dan Murah di Klaten

soto bening seger

Soto bening seger, bagi kamu yang berdomisili di sekitaran Jogja dan Solo, tentunya tak asing dengan menu kuliner ini. Yup, Joga-Solo dan sekitarnya ini, banyak bisa kita temui penjual soto di pinggir jalan.

Pilihan Sarapan di Kala Hujan Gerimis

Minggu pagi, saya berencana kembali ke Malang setelah mengantar anak-anak ke Klaten. Hujan gerimis hari itu, Kakak saya lalu mengajak kami untuk makan soto saja, sebelum mengantar saya ke stasiun.

Kalau hujan dan hawanya dingin gini, emang paling enak tuh makan yang hangat dan berkuah. Kalau pedas, bakal lebih lezat lagi. Jadi saya pun mengiyakan untuk jajan soto saja pagi itu.

Berangkatlah kami menuju ke Pasar Cawas. Cawas ini adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Klaten terletak di antara Jogja dan Solo, jadi kalau kamu bepergian dari Jogja ke Solo, atau sebaliknya, pasti akan melewati Klaten.

Perjalanan dari rumah Kakak ke pasar Cawas sekitar 15 menit, melewati jalanan tanggul sungai yang relatif sepi, dengan pemandangan tanaman padi yang menghijau di kanan kiri.

tanaman padi di sawah

Sampai warung soto, ternyata lumayan ramai juga. Beruntung pas kami sampai, ada pembeli yang sudah selesai, jadi ada meja kosong yang bisa kami pakai. Setelah beberapa saat menunggu dibersihkan dan dirapikan, kamipun lalu duduk. Pramusaji lalu datang menghampiri dan menanyakan apa pesanan kami.

Tentu saja kami pesan soto. Pramusajinya menanyakan porsi besar atau kecil. Saya pesan porsi kecil saja, karena takut nggak habis kalau pesan porsi besar. Eh kakak saya juga pesan porsi kecil.

Kakak saya bilang, berulangkali makan di situ, nggak pernah ditawarkan porsi kecil. Jadi dia selalu nggak bisa menghabiskan sotonya. Jadi ternyata, porsi kecil ini ditawarkan kalau pembeli mengajak anak kecil. Saat itu memang saya ajak si bungsu juga. Setelah kami duduk dan makan, silih berganti pembeli masuk. Karena ukuran warung nggak terlalu besar, jadi saya bisa mendengar obrolan pembeli lain maupun pembeli dan penjual. Kalau dalam rombongan pembeli ada anak kecil, maka akan ditawarkan porsi kecil.

Soto Bening Seger Pak Mulud

Jadi, pagi itu kami sarapan soto bening seger di warung soto pak Mulud, posisinya ada di pojok pasar Cawas. Berdampingan dengan warung makan lain yang menyediakan menu berbeda.

Tak perlu menunggu lama, pesanan kami pun datang. Lima mangkok soto, 3 porsi kecil dan 2 porsi besar. Isian sotonya tuh ada nasi, suwiran daging ayam, irisan kubis, kecambah, ditambah irisan daun seledri dan daun bawang. Kuahnya bening tanpa santan.

Makan soto di Klaten tuh, nggak lengkap kalau nggak pakai sate. Ada sate telur puyuh, sate ayam, sate kikil, sate bakso, sate usus, ati ampela juga ada.

Bahkan sering juga saya temui sate telur muda, biasanya dari ayam kampung yang sudah masanya bertelur. Saya paling suka sate telur muda ini, karena nggak ada warna putihnya, nggak ada kulitnya juga. Jadi kuning saja, di selimuti selaput tipis. Sayangnya, pagi itu nggak saya temui sate telur muda.

Gorengan juga lengkap. Ada tahu, tempe, risoles, perkedel, burung puyuh goreng, dan juga mentho. Mentho atau lentho, adalah gorengan yang terbuat dari parutan singkong. Dicampur parutan kelapa dan kacang tholo, diberi beberapa bumbu. Di kepal-kepal lalu di goreng.

Jadi paham kan kenapa saya pilih soto bening seger nya porsi kecil? Yup, karena pelengkapnya tuh udah banyak banget. Belum lagi ditambah kerupuk, kripik belut, rempeyek kacang. Pasti bakal penuh deh mangkoknya.

Ambil beberapa macam sate dan gorengan, jadi penuh juga deh mangkoknya. Ditambah sambal, makin sip. Saya nggak suka soto ditambah perasan jeruk, jadi cukup pakai sambal saja. Tapi tetap seger kok walau nggak pakai perasan jeruk.

soto bening seger
Di foto dulu sebelum benar-benar penuh isi mangkoknya

Soto Bening Seger Pak Mulud, Rasanya Enak, Harganya Murah

Dari namanya saja, soto bening seger, udah kebayang kan kalau kuahnya tuh seger. Rasanya juga enak, tidak meninggalkan rasa asin maupun micin di tenggorokan. Yang pasti sih, lebih sehat, terutama bagi yang mengindari menu makan dengan santan.

Emang ini pilihan yang pas di kala hujan begini. Badan pun jadi terasa hangat, apalagi ditutup dengan segelas teh atau jeruk hangat

Harganya gimana?

Saya kaget waktu membayar. Untuk 5 porsi soto, ditambah beberapa tusuk sate macam-macam ( yang jumlahnya lebih dari 5), 6 buah gorengan, 4 teh hangat dan 1 jeruk hangat, ditambah kerupuk, kami hanya perlu membayar 48 ribu rupiah saja.

harga soto bening seger
Daftar harga di warung soto pak Mulud

Yah, pantesan aja kakak saya malas masak. Lebih murah jajan lah kalau gini, waktu dan tenaga buat masak bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain.

Saya makan soto ini akhir Januari 2024 ya, sebelum ada kenaikan harga beras. Tapi Klaten itu terkenal sebagai daerah penghasil beras, jadi walaupun harga beras naik, biasanya warung makan juga nggak bakalan langsung menaikkan harga jualannya

Nah, suatu saat kalau kamu lewat Klaten, coba deh mampir warung soto, dan mencicipi soto bening seger.

19 Comments

  1. Waktu pertama ke Semarang, aku diajakin juga sarapan ke warung soto. Kaget karena nasinya udah dicampur dan porsinya kecil. Tapi jadinya pas di perut karena banyak lauk pendampingnya hahaha.

    Nah, dari tulisan ini aku baru tahu makanan bernama mentho. Setelah dicek ternyata bahan utamanya singkong. Waah, pengen banget icip. Dan kangen juga makan soto bening kayak gini. Kalau di Semarang udah pernah coba, next bisalah aku main ke Klaten yak ๐Ÿ™‚

  2. Saya tuh terbiasa dengan soto yang rempahnya kerasa. coto makassar, soto Lamongan, Soto daging Madura.
    Pertama kali tahu soto bening agak aneh rasanya, tapi ternyata seger banget. Emang unik ya makanan tiap daerah itu

  3. YSalma

    Di rumah saya anggota keluarga ada yang kangen soto bening ala Klaten ini, nyari di daerah Jabar ya gak ketemu ๐Ÿ˜€ .
    Dengan rasa yang pas, harga sotonya termasuk murah. Sotonya porsi kecil tapi ‘temen’ makan sotonya, beragam sate dan gorenga pingin dicoba semua itu ๐Ÿ™‚ .

  4. wahh kacau banget hari-hari hujan tiada henti… emang paling enak makan soto segar yang hangat, kuahnya segar, nasinya pulen, ditambah pelengkap sate-satean dan kerupuk duhh.. enak bangetlah..

  5. Adi

    Wow wow dan wow! Masih ada harga 4000 per porsi, walau kecil Wuih bahagia banget nih mbak bisa sering kulineran di sana. Printilannya itu loh yang juga bikin ngiler.

  6. Soto boleh bening tapi sate dan gorengannya itu menggoda sekali ya. Mana harganya super murah pulak. Ya ampun. Kalo saya berada di dekat sini, pasti tiap hari mampir. Makan porsi kecil pun rasanya sudah wareg maksimal.

  7. auto laparrrr….
    Menu soto di kawasan Yogya- Solo -Semarang emang khas ya? Bening dan rasanya light.
    Kalo mau lebih heavy bisa ditambah berbagai macam sate yang rasanya lezaat banget

  8. Klo bening malah mirip sayur bening atau sop ya, mbak, hehee
    Btw kok bisa sebening itu, ya? Klopun tanpa santan dan kunyit kan harusnya ada rempah yang bikin kuahnya ga bening, ya?

    Ahh yang penting enak ya, mbak, hehee
    Duuuuh liat sate ayamnya pingin… bikin sambel kecap enak banget dah tuh

  9. Sedikit hilang kekhawatiran manakala makan yang tidak terlalu berat seperti soto bening ini. Jadi santap lahap no cholesterol

  10. Fenni Bungsu

    Variasi kulinernya enak-enak ini kak.
    Wisata yang bikin nyaman hati dan si sistem pencernaan hehe
    Btw, penasaran sama rasa perpaduan si parutan singkong+kelapa kelapa dan kacang tholo, jadinya gurih gitu ya kak?

  11. Kalau makan soto di Jawa tuh ya, kondimen-kondimennya kayak sate usus dan sate telur itu malah lebih menggoda dan bikin kalap wkwk. Murah bangeeettt cuma Rp6 ribu, cemilan juga mulai seribuan. Fix recommended kalau ke Klaten!

  12. Waaaa aku kayaknya pas ke Jogja tahun lalu kelewat ngga beli soto bening seger karena beneran baru tahu ada soto bening. Dari dulu taunya kalo soto bening ya soto bandung.
    Duh mbak saya ikutan kaget sih itu beli 5 porsi udah plus tambahan lainnya cuma bayar 48k. Hemat banget harganya hwaaa

  13. Wah murah banget ya mb. Berarti 1 porsi gak sampe 10rb gitukah? Murah banget ya makanan di sana. Auto bakalan bisa nabung banyak nih kalo tinggal di situ dengan gaji jakarta. Menyenangkan sekali

  14. Kalau Soto Bening ini adanya di Bandung pasti langsung aku datengin sekarang juga Kak. Mana lagi hujan deras. Pas banget pasti makan kuah-kuah hangat. Apalagi harganya super terjangkau begitu, mantap!

  15. Masya Allah murah banget itu harga soto Pak Mulud. harga 6000 rasanya udah jarang sekarang harga makanan. nanti tergantung mau diisi apa aja sotonya ya. Jadi bisa makin kalap makannya klo harganya murah gitu hehe

  16. Ka, serius harganya, mashaAllaa~
    Kenyang dan bahagia banget bisa sarapan di warung soto pak Mulud, pasar Cawas, Klaten.
    Aku sampe zoom in, buat meyakinkan… Rasanya pasti bikin hangat badan. Apalagi banyak aneka sate-sateannya ituu.. mawuu~

  17. Di kota kami namanya sup ayam. Tapi yg ter-femes sup udang. Beda dengan soto yang berbumbu aneka rupa, sup ayam gini bumbunya minimalis dan memang segar sekali. Saya paling suka, nih, kalau pas pengen sarapan di luar, pilihan saya cuma dua: lodeh atau sup ayam/udang.

  18. Dulu pas kecil gak suka soto bening karena di tempatku soto gak kaya gini. Tapi sekarang kalau lagi perjalanan suka banget nyari soto bening karena enak di perut dan gak terlalu bikin kenyang.

  19. kok murah banget sotonya, pas banget ini buat sarapan pagi. saya justru ngiler liat menu sate-sateannya, saya suka banget sate usus, kalau saya biasanya suka beli bubur ayam ditambah sate usus juga cocok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *